Thursday, March 15, 2007

Revolusi Bisnis Internet Indonesia

Majalah cover 02 Wirausaha & Keuangan secara berturut-turut pada bulan Februari dan Maret 2007, menurunkan laporan utama bertajuk "Revolusi Bisnis Ahira". Laporan tersebut mengupas kisah sukses bisnis online yang dijalankan Anne Ahira dan kiprah serta impiannya untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang bisnis internet marketing (www.belibiz.com) melalui wadah pendidikan non-formal yang dibangunnya yakni Asian Brain Internet Marketing Center (AB IMC)
Berbisnis di internet atau bisnis online akhir-akhir ini memang menjadi fenomena yang semakin digemari banyak kalangan, mulai dari mahasiswa yang sekedar ingin menambah uang saku, ibu-ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan income tanpa meninggalkan rumah, sampai kalangan karyawan dan manager yang ingin menambah income atau ingin berpindah kuadran bahkan mereka yang memiliki impian untuk mencapai kebebasan finansial.

Fleksibilitas yang ditawarkan oleh peluang bisnis internet: waktu, tempat, target market, cover 03 produk, modal dana, dan lain-lain, telah membuat peluang ini menjadi salah satu alternatif yang sangat pantas diseriusi di tengah iklim ekonomi domestik yang belum begitu baik dewasa ini.
Melihat statistik pengguna dan tingkat penetrasi internet di Indonesia dan dunia, potensi pasarnya sangat besar. Pengguna internet di Indonesia sampai akhir tahun 2005 mencapai 18 juta orang dan mengalami pertumbuhan 800% selama kurun waktu 2000-2007, sementara pengguna internet dunia bertumbuh sebesar 202,9% dalam kurun waktu yang sama (Internet World Stat http://www.internetworldstats.com). Padahal tingkat penetrasi internet di Indonesia sendiri yang berpenduduk lebih dari 220 juta jiwa ini masih sekitar 8%. Ini adalah potensi bisnis masa depan.
Setiap orang yang memiliki akses ke internet, bisa meraih income tanpa perlu meninggalkan pekerjaan yang sudah dimilikinya. Dengan sedikit modal dan pengorbanan waktu, setiap orang bisa melakukan bisnis tanpa batas geografis, siang maupun malam. Di internet tersedia begitu banyak peluang untuk mendapatkan income. Tapi apakah berbisnis di internet itu semudah membalikkan tangan?
Jika Anda membayangkan duduk di depan komputer, terhubung ke internet, klik mouse sana sini dan besok Anda dapat ribuan dollar di rekening bank Anda…maka Anda salah besar! Betul di internet banyak peluang, banyak sumber uang, tapi Anda harus tahu di mana mencarinya dan bagaimana mengeksekusinya dengan tepat dengan tools dan sistem yang tepat pula. Internet adalah rimba raya virtual yang dipenuhi hal-hal menarik dan menggoda… jangan Anda tertipu. Internet juga dipenuhi tawaran-tawaran peluang yang kelihatannya menggiurkan dan sangat mudah dilakukan, tapi kenyataannya adalah scam alias bisnis-bisnis asalan yang hanya bertujuan mengeruk uang Anda.
Karena itu belajar adalah kuncinya. Kita harus mulai belajar bagaimana menjalankan bisnis di internet dengan benar. Kita bisa belajar dari banyak sumber, dari internet, dari buku, media massa, dari teman dan pengalaman orang lain. Dalam proses pembelajaran inilah, kiprah Anne Ahira bersama Asian Brain-nya menjadi patut dicatat sebagai pionir yang akan membawa gelombang revolusi bisnis online di tengah masyarakat Indonesia.
Tercatat sejumlah seminar internet marketing di beberapa kota di Indonesia telah diselenggarakan dan terbukti sangat diminati banyak kalangan. seminarbali Jakarta, Surabaya, Bali, Malang, Batam, Semarang, Yogyakarta, telah didatangi Ahira sebagai pembicara utama dan akan terus berlanjut ke kota-kota lainnya. Itu dilakukan Ahira tanpa meminta bayaran sebagai seorang internet marketer kelas dunia. Dia ingin berbagi sukses kepada sebanyak mungkin orang Indonesia yang mau belajar melakukan bisnis di internet dengan baik… dia percaya bahwa proses edukasi memerlukan waktu, tapi setidaknya seperti ditulis oleh majalah WK, "revolusi itu telah dimulai". Pastikan Anda menjadi bagian dari gelombang perubahan itu.



TV dinner still cooling?
Check out "Tonight's Picks" on Yahoo! TV.

No comments: