Thursday, March 15, 2007

Ladan Lashkari

Ladan Lashkari, pernahkah Anda dengar nama itu? Mungkin tidak. Atau mungkin belum. Sebab dia memang bukan selebriti Hollywood atau peserta Miss Universe. Dia adalah seorang internet marketer dari sebuah negara yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya akan melahirkan seorang yang sukses di bisnis online.
Kenapa nona Ladan menjadi penting dan saya merasa perlu menulis tentang dia di blog ini? Tak lain dan tak bukan adalah karena perjalanan karir internet marketingnya yang bagi saya sangat luar biasa, sangat mengagumkan dan sangat menginspirasikan.

Ladan Lashkari. Taken from ericstips.comSaya sendiri baru tahu tentang Ladan kemarin malam ketika membaca blognya Eric Holmlund. Penuturan singkat dari Eric tentang Ladan membuka mata saya bahwa ternyata masih ada orang yang lebih sulit keadaannya daripada saya dalam menjalankan bisnis di internet tetapi mampu mengatasi kendala-kendala itu.
Saya, dan Anda juga, sebagai warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia, menjumpai beberapa kendala dalam menjalankan internet marketing. Kendala-kendala itu antara lain:
- tidak lancar berbahasa Inggris, sehingga ada kendala dalam belajar dan berkomunikasi dengan internet marketer dan pasar internasional
- tidak bisa menggunakan PayPal untuk menerima pembayaran komisi affiliasi yang banyak digunakan oleh merchant internasional, saat ini kita baru bisa memiliki account PayPal untuk melakukan pembelian tetapi belum bisa menerima pembayaran
- beberapa affiliate provider atau merchant internasional semacam clickbank, eBay, dll tidak menerima affiliate dari Indonesia, sehingga kita tidak bisa menjual sesuatu di sana
Kendala-kendala tersebut sedikit banyak telah mengurangi kesempatan kita untuk mengambil manfaat yang optimal dari dunia bisnis internet. Tidak jarang kemudian banyak di antara kita yang akhirnya berputus asa dan menganggap internet marketing belum saatnya kita jalani sebagai profesi maupun sebagai sumber income tambahan.
Tetapi apa yang dihadapi oleh seorang Ladan Lashkari sungguh jauh lebih berat dari kondisi yang saya dan Anda hadapi. Kenapa? Ladan, seorang gadis yang kini masih berusia 20 tahun, terlahir sebagai orang Iran dan tinggal di Iran. Inilah yang membuatnya menghadapi situasi yang lebih sulit dalam menjalankan internet marketing.
Bayangkanlah kondisi ini:
- Anda tidak bisa berbahasa Inggris
- Anda tidak bisa punya account PayPal
- Anda tidak bisa punya credit card
- Anda tidak bisa buka bank account di luar negeri (khususnya USA)
- Anda tidak bisa melakukan perjalanan ke luar negeri
- Anda tidak bisa membeli produk dari luar negeri karena masalah embargo
- Anda tidak bisa menerima cek atau uang dalam bentuk US dollar
- Anda menerima perlakuan berbeda (sebagai wanita) karena pandangan agama dan sosial setempat di negara Anda
- Anda menerima dampak dari stigma "terorisme" dari kalangan dunia barat terhadap negara Anda, sehingga Anda tidak mudah diterima sebagai partner bisnis dalam komunitas bisnis internet internasional
Dengan kondisi seperti itu masih bisakah Anda melakukan bisnis di internet? Masih bulatkah niat Anda untuk menjadi seorang internet marketer bila diperhadapkan dengan berbagai kendala semacam itu?
Ladan Lashkari mampu menghadapinya. Dia mampu menerobos berbagai hambatan yang menghadangnya. Sejak usia 16 tahun dia mulai belajar dan melakukan apa yang bisa dia lakukan untuk mewujudkan impiannya sebagai internet marketer. Sekarang pada usia 20 tahun, dia sudah berhasil membangun sekitar 20 website dan baru-baru ini sudah mampu meraup income US$6,300 dalam satu bulan dari bisnis internetnya.
Kalau Ladan yang menghadapi begitu banyak kendala bisa berhasil, kenapa Anda dan saya tidak bisa ??


No need to miss a message. Get email on-the-go
with Yahoo! Mail for Mobile. Get started.

Revolusi Bisnis Internet Indonesia

Majalah cover 02 Wirausaha & Keuangan secara berturut-turut pada bulan Februari dan Maret 2007, menurunkan laporan utama bertajuk "Revolusi Bisnis Ahira". Laporan tersebut mengupas kisah sukses bisnis online yang dijalankan Anne Ahira dan kiprah serta impiannya untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang bisnis internet marketing (www.belibiz.com) melalui wadah pendidikan non-formal yang dibangunnya yakni Asian Brain Internet Marketing Center (AB IMC)
Berbisnis di internet atau bisnis online akhir-akhir ini memang menjadi fenomena yang semakin digemari banyak kalangan, mulai dari mahasiswa yang sekedar ingin menambah uang saku, ibu-ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan income tanpa meninggalkan rumah, sampai kalangan karyawan dan manager yang ingin menambah income atau ingin berpindah kuadran bahkan mereka yang memiliki impian untuk mencapai kebebasan finansial.

Fleksibilitas yang ditawarkan oleh peluang bisnis internet: waktu, tempat, target market, cover 03 produk, modal dana, dan lain-lain, telah membuat peluang ini menjadi salah satu alternatif yang sangat pantas diseriusi di tengah iklim ekonomi domestik yang belum begitu baik dewasa ini.
Melihat statistik pengguna dan tingkat penetrasi internet di Indonesia dan dunia, potensi pasarnya sangat besar. Pengguna internet di Indonesia sampai akhir tahun 2005 mencapai 18 juta orang dan mengalami pertumbuhan 800% selama kurun waktu 2000-2007, sementara pengguna internet dunia bertumbuh sebesar 202,9% dalam kurun waktu yang sama (Internet World Stat http://www.internetworldstats.com). Padahal tingkat penetrasi internet di Indonesia sendiri yang berpenduduk lebih dari 220 juta jiwa ini masih sekitar 8%. Ini adalah potensi bisnis masa depan.
Setiap orang yang memiliki akses ke internet, bisa meraih income tanpa perlu meninggalkan pekerjaan yang sudah dimilikinya. Dengan sedikit modal dan pengorbanan waktu, setiap orang bisa melakukan bisnis tanpa batas geografis, siang maupun malam. Di internet tersedia begitu banyak peluang untuk mendapatkan income. Tapi apakah berbisnis di internet itu semudah membalikkan tangan?
Jika Anda membayangkan duduk di depan komputer, terhubung ke internet, klik mouse sana sini dan besok Anda dapat ribuan dollar di rekening bank Anda…maka Anda salah besar! Betul di internet banyak peluang, banyak sumber uang, tapi Anda harus tahu di mana mencarinya dan bagaimana mengeksekusinya dengan tepat dengan tools dan sistem yang tepat pula. Internet adalah rimba raya virtual yang dipenuhi hal-hal menarik dan menggoda… jangan Anda tertipu. Internet juga dipenuhi tawaran-tawaran peluang yang kelihatannya menggiurkan dan sangat mudah dilakukan, tapi kenyataannya adalah scam alias bisnis-bisnis asalan yang hanya bertujuan mengeruk uang Anda.
Karena itu belajar adalah kuncinya. Kita harus mulai belajar bagaimana menjalankan bisnis di internet dengan benar. Kita bisa belajar dari banyak sumber, dari internet, dari buku, media massa, dari teman dan pengalaman orang lain. Dalam proses pembelajaran inilah, kiprah Anne Ahira bersama Asian Brain-nya menjadi patut dicatat sebagai pionir yang akan membawa gelombang revolusi bisnis online di tengah masyarakat Indonesia.
Tercatat sejumlah seminar internet marketing di beberapa kota di Indonesia telah diselenggarakan dan terbukti sangat diminati banyak kalangan. seminarbali Jakarta, Surabaya, Bali, Malang, Batam, Semarang, Yogyakarta, telah didatangi Ahira sebagai pembicara utama dan akan terus berlanjut ke kota-kota lainnya. Itu dilakukan Ahira tanpa meminta bayaran sebagai seorang internet marketer kelas dunia. Dia ingin berbagi sukses kepada sebanyak mungkin orang Indonesia yang mau belajar melakukan bisnis di internet dengan baik… dia percaya bahwa proses edukasi memerlukan waktu, tapi setidaknya seperti ditulis oleh majalah WK, "revolusi itu telah dimulai". Pastikan Anda menjadi bagian dari gelombang perubahan itu.



TV dinner still cooling?
Check out "Tonight's Picks" on Yahoo! TV.

Ceritakan Mimpi Anda

Teman-teman ingin berbagi cerita menjelang akhir tahun 2006 ini yaa..
cerita ini adalah kutipan dari artikel lengkap yang baru selesai
saya tulis untuk Newsletter & Mailing List BundaInBiz...

------------------

remember The Power Of Positive Thinking?
it works ;-)

Saat kita punya mimpi, sekecil atau sebesar apapun...
Carilah jalan untuk mencapainya.
Susun strategi untuk memulai dan menjalankannya.
Telusuri setiap kemungkinan kendala yang akan anda hadapi.
Biasanya ini yang jadi "alasan-alasan tidak bisa" yang sellau
dikemukakan saat kita belum memulai ;-)

So what?
Beranikan diri untuk menghadapi alasan-alasan tadi.
Kemudian, ambil step pertama untuk memulai.

Minggu lalu saya keliling kota naik delman..
eh salah..hehe..
naek mobil Timor saya dan suami yang insyaAllah,
beberapa bulan lagi lunas kreditnya hehehe....

saya dan suami adalah penggemar kaset2 motivational business ;-)
Minggu lalu itu, dimobil,
kami berdua mendengarkan kaset James Gwee yg berbicara ttg
buku Nya Stephen R. Covey's
"Seven Habits of Highly Effective People".

Setelah mendengarkan James Gwee selama berjam-jam
sampe suara si James di kaset mulai terseok-seok hehe..
saya setuju bahwa step pertama adalah...
"Beritahukan pada orang lain bila Anda mempunyai sebuah mimpi!"

Alasannya?
Supaya mau ga mau, BIBers, Anda harus MULAI mengejar mimpi tersebut
dengan sebuah action yang nyata!!
(awas Nadia galak hehehe)...

Kalo tidak kan, anda akan malu ;-)
Bila saat menjalankan menemui kegagalan, jangan sedih yaa,
karena at least anda sudah mencoba.
Tapi, sedihlah, bila saat belum mencoba,
anda sudah mengatakan tidak bisa karena alasan A, alasan B,
alasan C dan seterusnya ;-)

Yang ini kisah nyata hehehe:

Tahun 2005 akhir adalah saat saya bergabung dengan Asian Brain IMC.
Saat itulah saya belajar betul-betul tentang internet marketing
dengan segala sistemnya.

Setelah dua bulan, kira-kira Desember 2005, saya berkata pada sahabat
saya, Dini Shanti,
"Mbak, cita-cita tahun 2006-ku, adalah punya *Autoresponder!!"

Saat itu saya belum bisa menyewa autoreponder dengan biaya 200rb per
bulan, Belum bisa menyisihkan penghasilan saya untuk fasilitas ini.

Sepuluh bulan kemudian...
saya belum juga punya autoresponder hehehe.

Saya yang gengsian ini mulai berfikir.."Bagaimana yaaa caranya?
udah terlanjur gengsi niih ngomong ama mb Dini."
Lagian, masak setahun kemudian belum ada pengembangan nih dari bisnis
online saya?

Yang saya lakukan pertama,
mengecek kembali daftar pemasukan pengeluaran...
hiks..belum ada yang bisa dikalahkan untuk dialihkan jadi pembelian
cita-cita yang satu ini.

Yang kedua, mencari jalan dari bisnis saya yang lain...
Ahh, anak pertama saya tersayang insyaAllah masuk SD tahun depan,
penghasilan dari sini tidak bisa saya kutak katik karena harus saya
poskan untuk biaya masuknya berdua dengan suami.

Jalan terakhir, yang herannya kok baru teringat saat kepepet,
saya berdoa.
cuma itu ;-)

Tahukah teman-teman, hiks...
Akhir bulan lalu, saya mendapat dua kejutan dari Allah.
Pertama, saya ditawari untuk menjadi content editor sebuah website
-- freelance -- dikerjakan dari rumah, namun dibayar bulanan!

Kedua, BIbers tau kan, saya baru aja ngejalanin Oriflame?
Alhamdulillah, nov kemaren saya mencapai posisi manager 15%..padahal
saya menjalankan bisnis yang satu ini dengan cara online...bukan
seperti tradional m*l-m biz seperti biasa ;-)

Duh ya Allah, rejeki-rejeki tak terduga
yang langsung membuat saya tertunduk dalam sujud,
hanya bisa mengucapkan terima kasih pada Yang Atas,
yang telah memberikan saya jalan untuk cita-cita bisnis saya tadi...
yang setelah setahun Alhamdulillah baru tercapai hehe

(lama yaa, siapa suruh baru teringat berdoanya pas kepepet ya hehe)

Maaf yaa teman-teman, ini bukan bermaksud untuk riya sama sekali,
tapi untuk berbagi semangat dan cerita bahwa cita-cita apapun
insyaAllah, selalu ada jalannya,
dengan berusaha dan berdoa...

Dan dengan mempercayai diri sendiri bahwa "saya bisa" ;-)
saya gak mau kalah dengan alasan!

Nah, mau tau cita-cita tahun 2007 saya?
Yaituuuuu....

Uuhhm..nanti ya, saya pikir-pikir dulu mana yang paling possible
insyaAllah hehehehe..

;-)
Nadia M. Yuniardo

---
*autoresponder adalah sistem otomatisasi follow up
yang amat dibutuhkan oleh para internet marketer.


Be a PS3 game guru.
Get your game face on with the latest PS3 news and previews at Yahoo! Games.

Baca Yuk baca

Minggu lalu, si embak (asisten rumah tangga ;-) saya, tiba-tiba
mendatangi saya dengan muka keheranan sambil menyodorkan
bungkusan putih yang baru ia bongkar dari kantong belanjaan saya.
Tanyanya, "Ini apaan bu?"
Raut mukanya betul-betul keheranan dan seperti kaget.
(Mbak yang aneh hehe…)

Saya kemudian balik melihatnya dengan keheranan sambil mengatakan,
"Kamu kan bisa baca di bungkusnya mbak?"

Lalu ia pun melihat ke tulisan yang ada di bungkus dengan kening
berkerut,
Dan kemudian tersenyum lega, "oooh, garem dapur" …

Glekk ;-)

Tahukan teman-teman moral of the very short story ini?
Hehe…

Buat saya, sunggh menakjubkan bagaimana seseorang bisa begitu
kebingungan atas suatu hal yang "baru"..HANYA karena kita tidak mau
teliti
membaca ;-)

Duh…nggak bermaksud menyindir siapapun juga loh hehe…
Sahabat saya yang juga upline saya di bisnis Bel'Air, sering kali
membagi ilmunya pada saya dengan begitu pelit hahaha…
Begini, beliau mau mengatakan, sumbernya ini itu …tapi saat saya
sudah menemukan si ini dan si itu..saya harus memplejari lebih
lanjut, Sendiri, dan hanya dengan MEMBACA ;-)

Hm..alasan lainnya sebetulnya saya gengsi hehe …
Tapi buat saya, cara nya memotivasi saya untuk ngiri itu sungguh
bagus loh.
Karena ia berhasil membuat saya untuk ingin tahu,
Menambah ilmu..hanya dengan sedikit cerita tentang keahlian-keahlian
barunya ;-)

contohnya?
Misalnya suatu hari ia memperlihatkan pada saya web Mambo barunya.

Saya,"Wah kereen, bikinnya pake apa mbak?"
Mb Dini, "Mambo"

Saya, "Mambo tuh apa?"
Mbak Dini,"kamu tuh ya, mbok sekali-sekali bayar kalo nanya ke aku"

Saya," Oooh kalo pake mambo harus bayar?"
Mbak Dini, "(ngakak….)"

Saya, " kok ketawa sih mbak?"
Mbak Dini, " itu gratis, adanya di cpanel hosting…liat dibagian
Fantastico"

Udah, that's it ;-)
Ugh..mau nanya lagi gengsi..si jeng Dini juga keliatannya gak mau
ditanya-
tanya lagi hehe…

Yang saya lakukan selanjutnya adalah,
masuk ke Google, search dengan keyword Mambo.
Keluarlah berbagai web tentang Mambo.
Saya coba pelajari dalam waktu sejam.
Sebenernya sih blom ngerti-ngerti amat hehe….
Tapi nekat.com …
masuk ke cpanel, klik Fantastico, klik Mambo. Klik install Mambo.

Setelah itu…masuk ke Admin Mambo …
buseeetttttt…binguuuuuuung ;-))

Balik lagi ke Google,
search dengan keyword: How to use Mambo.
Ehh keluar web yang isinya betul-betul tips dan trik tentang what is
Mambo.
Perlu waktu dua hari untuk saya mempelajari dengan ngeprint langkah-
langkah tersebut. Ternyata…logika nya amaat mudah insyaAllah ;-)
Bener!

Yang susah adalah saat saya harus mempelajari lagi File Manager
yang ada di hostingan untuk membuat nama domain yang tepat.

Percobaan pertama…gagal
Kedua gagal
Install – apus…instal lagi..apus lagi…

Ketiga…saya sudah lebih siap…daan voilaa…

Hasilnya kini saya punya 3 buah web mambo based..plok..plok..plok…
hehehe

Web pertama, cuma bisa ganti header.
Web kedua mulai utak atik kanan kiri.
Web ketiga…nahh..akhirnya saya punya background warna yang saya
inginkan..hehe
Small thing..tapi buat si ibu rumah tangga yang gatek ini…
Lumayanlaaahhhh ;-)
Liat disini ya: http://komunitas.bundainbiz.com ;-)

Fiiuuhh…

Loh kok malah promosi web ya hehe.

Intinya gini loh teman-teman,
Seperti saya bilang diatas, saya sering bertemu dengan banyak teman
yang
kadang, bertanya tentang suatu hal …yang sebetulnya sangat bisa mereka
dapatkan hanya dengan membaca web informasi yang telah disediakan ;-)

InsyaAllah saya sama sekali nggak keberatan membagi info tersebut.
Tapi, rasanya nih…sebuah hal baru
Akan lebih mudah menempel dikepal kita
Bila kita mempelajarinya dengan membaca..dan bukan diberitahu dalam
arti
"disuapin" terus-menerus.
Beneran deh…rasanya lebih ngelotok gitu loh hehe.

Sering saya menjumpai kasus misalnya klien yang bertanya tentang
pembayaran…bukan apa-apa loh, masalah tersebut biasanya sudah ada
dalam tiga lembar FAQ yang saya kirim sejak awal ;-)

Saya kagum pada dua orang bunda yang kini menjadi downl.ine saya
…Widya dan Mb Intan namanya…beliau-beliau ini betul-betul mempelajari
skema bisnis yang saya kirimkan..kemudian pertanyaan mereka berangkat
dari situ…sampai kadang, saya sendiri kewalahan menjawabnya hehe…
tapi buat saya itu jadi semangat tersendiri..karena klien yang
cerewet punya
potensi untuk berkembang jadi jaringan yang insyaAllah kuat dan
bagus ;-)

Kenapa?
Karena ada semangat kegigihan seorang bundainbiz pada diri mereka ;-)

Semangat keingintahuan untuk bisa dan berhasil itulah yang rasanya
penting.
Bukan tahu hanya karena sekedar diberitahu…
tapi keingintahuan yang timbul setelah semua keingintahuan kita
dapatkan
sendiri…
Hmm..keliatan kan bedanya ya?

Ada saat dimana kita butuh diberitahu…
tapi ada juga saat dimana semangat yang mendorong keingin tahuan itu
membuat kita menjadi lebih berani, lebih tegas, lebih bersemangat…
dan hal-hal lain yang kita butuhkan,
untuk bener-benar menjadi seorang bunda yang berbisnis atau bekerja
dari
rumah ;-)

are you one of them? ;-)


The fish are biting.
Get more visitors on your site using Yahoo! Search Marketing.

Main Game Bisnis

Sumber Artikel : www.bundainbiz.com
Sebulan terakhir ini saya lagi seneng-senengnya main game ;-)
Mungkin karena saya sedang berada diposisi yang sedang "capek" bekerja dan berbisnis ;-)
Mudah-mudahan teman-teman juga menganggap ini hal yang rasanya wajar terjadi yaaa
mengingat setahun belakangan saya belum pernah libur dari kegiatan mengecek email dan menulis dan cari duit dan menulis dan cari duit hehehe..

Game pertama yang saya sering mainkan adalah Luxor. Berusaha memasukkan sebuah bola diantara rentetan bola yang berwarna sama. Pelajaran yang saya petik? Ketelitian, kecepatan dan kesabaran ;-)

Game kedua…baru saja saya ketahui seminggu terakhir ini. Namanya Diner Dash. (aduh maaf ya kalau ternyata game ini sudah lama, karena kebetulan saya baru mengetahuinya minggu lalu ;-)

Ini adalah sebuah game "bisnis" dimana saya berperan sebagai Flo – seorang wanita karir yang memutuskan untuk berhenti bekerja kantoran dan mendirikan rumah makan…wahhh bundainbiz banget kan hehe.

Intinya dalam permainan ini, kita diperkenalkan pada beberapa hal dalam menjalankan bisnis yang punya target penjualan dan memuaskan pelanggan demi tercapainya target penjualan tersebut. Terus terang, setelah tahu "slah"nya permainan ini menjadi 'cukup mudah".. Tapiii…waktu awal-awal..hmmfh.. lumayan bikin saya frustasi karena saya termasuk orang yang tidak sabaran ;-((

Tidak disangka-sangka..seorang teman, Jeng Febby Rudiana (yang pernah di wwc-i oleh Bundainbiz) ternyata juga sedang membicarakan hal yang sama di Komunitas bisnis yang kami ikuti bersama.

Yang Febby komentari dari permainan Diner Dash ini sangat saya setujui: "Yang saya lihat sih, keunggulan si Flo ini, dia selalu berusaha memberikan penampilan yg baru pada restorannya,
Sehingga selalu menarik pengunjung. Trus, ada tambahan service juga seperti free cappucino misalnya (untuk mengganti pelayanan yang kurang memuaskan kepada pelanggan) selain juga kecepatan pelayanan.

Penasaran?
Untuk anda yang sedang membangun bisnis coba deh anda cari permainan ini dan mainkan ;-)

Anda akan berhadapan dengan kondisi-kondisi menarik yang bisa ditarik pembelajarannya dari setiap situasi tersebut (duuh bahasanya hehe)…

Seperti:
*Membagi waktu antara memuaskan keinginan pelanggan yang satu
dengan pelanggan berikutnya – yang semuanya penting atau at least, merasa penting ;-)
*Memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan hal diatas.
*Memberikan tambahan pelayanan untuk memuaskan pelanggan.
*Berfikir dua langkah kedepan agar anda bisa mengatur strategi selanjutnya.

Dan kesimpulan saya sendiri adalah:
*Pelanggan adalah raja (oke, saya yakin anda semua sudah tahu akan hal ini ;-)
daaaaan…
*Tidak semua pelanggan menyenangkan hehe…



8:00? 8:25? 8:40? Find a flick in no time
with theYahoo! Search movie showtime shortcut.

Tips Simple Blog Bisnis

Salah seorang teman yang baru terjun ke dunia internet marketing mengirimkan email pada saya, menanyakan tentang masukan-masukan yang kira-kira bisa saya berikan untuk blog bisnis nya yang baru ia buat. Setelah beberapa detik merasa Tersanjung 1, 2, 3 (eh apa masih ada ya sinetron ini? ;-) saya pun jalan-jalannya ke weblog nya (blog tentang aneka perhiasan) dan ini komentar saya untuk beliau – mudah-mudahan teman-teman juga bisa memanfaatkannya untuk blog masing-masing…

Tips utama untuk untuk sebuah blog bisnis dan atau niche webog adalah
kelompokkan (make category) untuk hal-hal yang ada di weblog. Hal ini untuk mempermudah pengunjung blog bisa menentukan mana yang mau mereka lihat terlebih dulu.

Untuk sebuah web tentang perhiasan, buat kategori seperti:
1. Handmade goods
2. Jewellery
3. Information history
4. Jewellery cleaning

Ini beberapa contoh blog saya yang mempunyai kategorisasi:

http://info.bisnisaromaterapi.com
http://babyshower.tips-trick.com

Kategorisasi dengan kalimat yang tepat akan mempermudah anda nantinya untuk menambahkan artikel pada setiap kategori, karena setiap judul kategori bisa menjadi keyword di search engine.

Tips kedua:
Biasanya halaman utama pada blog saya setting max 2 post…supaya lebih "mirip" dengan website "betulan" ;-)

Tips ketiga:
Bila anda menggunakan engine Blogger dan ingin menampilkan blogger user profile di halaman utama, saran saya sebaiknya "isi" blogger user profile anda terlebih dulu. Hal ini agar saat diklik, pengunjung mendapatkan informasi tambahan, bukan halaman kosong yang hanya berisi nama anda.
Contoh:
http://www.blogger.com/profile/8879132
 
Sumber artikel : www.bundainbiz.com
copied by : Anis rida
 


Finding fabulous fares is fun.
Let Yahoo! FareChase search your favorite travel sites to find flight and hotel bargains.

Memilih Nama Domain

Akhir-akhir ini saya sedang pwanaasss hehe

Kan gini, mungkin banyak teman-teman sudah tau bahwa saya "penggemar" bisnis online ;-)
Kebetulan semua bisnis offline yang saya jalankan, bisa dibikin online...namun untuk yang benar-benar internet marketing sendiri seperti niche website, google adsnese, affiliate marketing, belum betul-betul saya jalankan...

Tapi akhir-akhir ini, di Bundainbiz maupun di banyakan komunitas marketing lain yang saya ikuti, sedang asyik-asyiknya berlomba-lomba tentang meraih penghasilan lewat internet marketing. Makanya...sayanya jadi panas lagi nih hehe ingin benar-benar kembali menekuni internet marketing...doain yaa..target saya insyaAllah Januari 2007 sudah bisa menghasilkan lagi cring cring dollar dari adsense ;-)
Amiiinnn....

Beberapa waktu yang lalu di Milis BIB pun saya sempat berkomentar tentang pemilihan nama domain. Menurut saya sendiri ada beberapa hal dalam memilih nama domain…

Kalau yang benar-benar bergerak di dunia internet marketing, pemilihan nama domain akan sangat berpengaruh. Karena pemiliknya harus berusaha agar webnya tampil dalam at least dua
halaman pertama search engine (terindex).

Nama domain yang ia pilih sebaiknya berkaitan dengan keyword yang ia jadikan target.

Maksudnya gini..
Karena para bunda dan bisnis adalah target utama saya saat membuat www.bundainbiz.com, maka nama tersebut termasuk dalam nama yang saya pilih.

Karena target utama web tema saya (http://nanaberas.com> adalah produk berasnya..sangat wajar bila kata beras masuk sbg bagian nama domainnya. Tapi ingat, nama domain saja nggak cukup.
Banyak hal hal lain yg harus diperhatikan dalam web nya seperti pemilihan meta keyword.
Kalo tentang ini belajarnya disini aja yaa, hehe

Truss…ada juga yang web nya hanyalah tool promosi dari bisnis offlinenya,

Kalo saya boleh contohin, web nya Mods Mia… Itu kata yang "susah" kalo menurut saya,
Tapi menjadi tidak masalah..krn dia bagian dari merk yang sangat catchy dan sudah melekat.
yang perlu mb Mia lakukan "hanyalah" menaruhnya dalam signature taglinesnya. Atau menggunakan sebagai bagian dr alamat emailnya (among other stuffs maksute ;-)

Kemudahan grup-grup milis juga fasilitas email sekarang memudahkan kita untuk tinggal meng'klik' sebuah link atau url nama domain. Dan kita akan langsung dibawa pada web yang dimaksud.

Dan, karena sebuah website biasanya merupakan tool promosi untuk orang-orang yang online..
Kita tidak perlu takut orang atau prospek kita "salah pendengaran"…

Karena biasanya informasi nama web tersebut pun kita infokan melalui sebuah tulisan yang tinggal mereka klik langsung (alias tdk perlu mengetik ulang). Kecuali kalo dari kita nya sendiri yang salah ketik hehehe…

Jadi inget…setaun yg lalu, saat baruuu bikin BIB..kalo saya cerita ke temen yang offline, Pasti nanya,"apaa? Bunda in biz? In biz? B – I – z ??' hehe
Tapi ternyata dikalangan teman-teman yg online..sama sekali gak ada pertanyaan hehe.

Dan a year later Alhamdulillah banyak banget web baru yang saya lihat menggunakan kata biz sebagai akhiran nama domain. (maap narcis dikit hehehe)

Berarti hal ini hanya masalah familiar atau tidak, Dan hal itu bisa kita atasi dengan aneka trik internet marketing lainnya ;-))

Disatu sisi, orang indonesia itu seneng nama yang aneh2 loh. Inget astaga.com? natnit.net? kaskus.com yang kondaang banget. Itu salah satu alasan aku memilih nama www.satusatu.com sebagai nama merk jasa pembuatan blog dan banner ku. Filosofi dibalik "satusatu" itu mungkin orang gak banyak yg tau hehe..dan gak penting jg benernya utk tau hihi. tapi buat aku sendiri nama itu bermakna banget krn dipilihin suami…
*wink wink*

eh satu lagi..(gile panjang banget hihi)…
Saya inget..Jeng Dini Shanti(salah satu suhu didunia internet marketing) pernah ngajarin juga soal kita mengambil benefit dari miss spell atau salah ketik, baik sengaja maupun tidak sengaja ;-)

Karena kebiasaan orang beda-beda loh dalam mengetikkan sebuah kata seperti aromaterapi misalnya. Ada yg nyambung ada yg dipisah.

Fiuuhh …seru yaa ngomongin domain aja ;-)
Paling bagus sih memang.., nama domain itu mengandung kata kunci web kita, trus, seperti gampang dieja, gampang diucapkan, meminimalkan salah pendengaran ;-)..tapi kalo nggak pun..masih banyak jalan menuju Roma kok, dan Alhamdulillah banyak jalan lewat internet
marketing ;-))

;-)
Nadia M. Yuniardo


8:00? 8:25? 8:40? Find a flick in no time
with theYahoo! Search movie showtime shortcut.

Memilih Bisnis Online

Choosing an online business..
Hari gini nih, hampir semua calon konsumen menanyakan, "Ada websitenya nggak?" apabila ditawari sebuah produk, jasa atau pilihan berbisnis.

Ini adalah sebuah kelebihan yang harus dengan jeli ditangkap oleh para ibu yang kerja dari rumah atau memilih untuk tidak bekerja kantoran (namun ingin tetap mendapatkan income tambahan).

Menjalankan internet business atau online marketing, rasanya hal ini sudah jadi hal yang "biasa"…dan sebetulnya apa saja bisa loh dijadikan sebuah bisnis – untuk dijalankan secara online,.baik penjualan produk maupun jasa.

Ibu-ibu yang ingin lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain bareng anak, bisa menjual atau menawarkan apa saja dan menjalankannya secara online dengan mendirikan toko virtual.

Lebih hemat waktu, relatif lebih kecil modalnya, lebih bebas dalam menentukan target, dan pastinya, bebas dalam menentukan jam kerja.

Memilih sebuah bisnis internet sebetulnya hal yang mudah dan banyak pula pilihannya. Namun untuk pemula, sebaiknya memilih satu terlebih dulu dan betul-betul serius dalam menjalankannya.

Namun, bagaimana ya memulainya?
Apa yang dijual?
Biasanya ini nih pertanyaan-pertanyaan yang sering mucul.

Satu hal yang pasti, mulai dengan hal yang paling mudah.

Misalnya, menjual produk atau jasa yang memang menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari.. contoh:

Jagon masak? Bisnis makanan rasanya jadi salah satu pilihan bisnis yang konsumennya tidak pernah habis. Apalagi jika produk makanan yang dijual punya nilai plus. Antara lain, mempunyai sertifikasi halal MUI (hal yang masih sangat jarang ditemukan di Indonesia untuk produk rumahan). Atau, bisa menerima dan membuat hiasan apaaa..saja yang sedang trend saat ini dan masih banyak lagi.

Bisa juga "menjual" jasa seperti penulis, translator, biro jodoh mungkin? Kenapa tidak? Sesuatu yang unik adalah hal lain yang harus ditawarkan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Pilihan yang kedua -- apabila merasa belum mempunyai keahlian apa-apa -- adalah menjual produk orang lain.

Banyak orang yang punya keahlian menghasilkan sesuatu (misalnya penjahit kostum) tapi kemampuan promosi atau marketingnya kurang. Disitulah kita berperan. Karena itu harus lebih jeli membuka mata untuk melihat peluang semacam ini.

Bisa juga dengan rajin mendatangi aneka pusat grosir yang biasanya harganya sangat-sangat murah, untuk kita repackage dalam kemasan yang lebih cantik…and voila….you've got yourself a product! Contoh: aneka parcel, aneka suvenir ulang tahun anak-anak, hiasan jilbab, dan masih banyak lagi.

Pilihan yang ketiga
adalah bergabung dengan program-program afiliasi.

Hampir sama dengan pilihan yang kedua, yang terjadi disini adalah, kita menawarkan produk orang lain dengan menjadi anggota suatu program afiliasi. Pembayaran diterima apabila berhasil mengajak seseorang untuk masuk ke sebuah situs perusahaan atau mengikuti program yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Biasanya pembeli harus mengklik linknya program dan melakukan pembelian secepatnya. Beberapa afiliasi akan melacak pengunjung dari link yang kita miliki dan membayar komisi dalam jangka waktu tertentu dari waktu kunjungan.

Pilihan keempat adalah bergabung dengan perusahan penjualan langsung atau MLM.

Banyak sekali perusahaan MLM yang menawakan aneka barang kebutuhan sehari-hari, seperti kosmetik, alat rumah tangga, asuransi, sampai aromaterapi dan kesehatan.

Keuntungannya adalah sistem duplikasi yang bisa langsung diterapkan pada cara-cara penjualan dan promosi kita sendiri. Sementara triknya adalah memilih bisnis MLM yang tepat. Hal ini akan dibahas pada judul terpisah ya.

Apabila telah memilih dan memutuskan produk atau jasa apa yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah membuat si toko virtual -- website (atau weblog). Hal ini sudah pernah dibahas pada artikel Pentingnya sebuah Website. Till next time!

Oleh:
Nadia Yuniardo
copied by : Anis Rida in www.Belibiz.com


Finding fabulous fares is fun.
Let Yahoo! FareChase search your favorite travel sites to find flight and hotel bargains.

Ide Blogging

Saat ini blog adalah salah satu sarana internet yang paling mudah digunakan oleh anda yang ingin ber-internet marketing atau menawarkan jualan dan dagangan secara online.

Selain itu, blog pribadi biasanya akan jadi sarana yang murah meriah untuk memperkenalkan "diri" anda pada calon klien dan pembeli..yang umumnya masih ragu-ragu karena hanya bertemu di dunia maya ;-)

Anda bisa baca serba serbi blog pada artikel yang satu ini:
http://www.satusatu.com/2005/07/ngeblog.html

Sekarang, apa saja ya yang sebaiknya anda tulis atau ceritakan pada blog anda? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah blog menjadi menarik -- sesimple dengan memilih tema-tema yang sederhana tapi biasanya unik ;-)

Pasti pada mikir deh..yah itu sih gampang Nad..hehe..sekarang dimana yaa mencari ide-ide yang menarik itu?

Kebetulan, saya mendapatkan beberapa jawaban inspiratif dari seorang internet marketer yang juga work at home momasal Kanada bernama Alice Seba:

1. Search di aneka search engine khusus berita misalnya: Yahoo News, Google News,
majalah atau koran untuk mencari tahu berita apa yang sedang hangat dibicarakan saat ini.

Contohnya, jika anda menjual produk aromaterapi untuk kesehatan, carilah artikel yang berhubungan bahaya udara kotor akibat polusi misalnya. Bisa anda lihat contohnya di http://info.bisnisaromaterapi.com

Bila anda berjualan jilbab.cari artikel atau berita tentang selebritis yang menggunakan jilbab yang sama ;-)

2. Apa yang sedang terjadi dalam kehidupan personal anda saat ini? Hmm..jangan ngomong yang terlalu berbeli-belit soal cucian piring yang menumpuk misalnya ;-)
Tapi, hal-hal kecil (atau besar) yang bisa membuat pengunjung blog anda ikut merasakan kesedihan, kegembiraan dan memetik hikmah dari kejadian dalam hidup anda.

Perlu contoh?
Lihat disini ya http://busy-and-loving-it.blogspot.com ;-)

3. Sudah tahu istilah blogwalking?
Mengunjungi banyak blog lain dan meninggalkan komen yang "mendalam" akan membuat traffic masuk kembali ke blog anda ;-)

Jangan sekedar mengetikkan: "hai" atau "mampir yah" hehe. Ini adalah hal yang kurang personal. Usahakan untuk membaca setiap posting blog teman atau kenalan baru anda dan ketikkan komen yang sesuai dengan isi postingan tersebut.

4. Jawab aneka pertanyaan yang masuk pada blog anda. Makin banyak pertanyaan yang rajin dijawab, anda akhirnya akan bisa mempunyai sebuah kumpulan Frequently Ask
Questions. Contoh: http://www.bundainbiz.com/ab/

5. Post kisah sukses orang lain.
Ohya, dalam masukan yang saya dapatkan ternyata banyak loh diantara teman-teman yang memasukkan topik Other BundaInBiz sebagai salah satu pilihan (bagian dari web Bundainbiz) yang jadi favorit ;-)

Ini hanya ide-ide awal saja kok.

Semakin banyak anda mempunyai pembaca setia, anda akan semakin mengerti apa yang sebenarnya diinginkan oleh pengunjung ;-)
 
Sumber artikel : www.bundainbiz.com
by : Anis 


Food fight? Enjoy some healthy debate
in the Yahoo! Answers Food & Drink Q&A.