Thursday, March 15, 2007

Main Game Bisnis

Sumber Artikel : www.bundainbiz.com
Sebulan terakhir ini saya lagi seneng-senengnya main game ;-)
Mungkin karena saya sedang berada diposisi yang sedang "capek" bekerja dan berbisnis ;-)
Mudah-mudahan teman-teman juga menganggap ini hal yang rasanya wajar terjadi yaaa
mengingat setahun belakangan saya belum pernah libur dari kegiatan mengecek email dan menulis dan cari duit dan menulis dan cari duit hehehe..

Game pertama yang saya sering mainkan adalah Luxor. Berusaha memasukkan sebuah bola diantara rentetan bola yang berwarna sama. Pelajaran yang saya petik? Ketelitian, kecepatan dan kesabaran ;-)

Game kedua…baru saja saya ketahui seminggu terakhir ini. Namanya Diner Dash. (aduh maaf ya kalau ternyata game ini sudah lama, karena kebetulan saya baru mengetahuinya minggu lalu ;-)

Ini adalah sebuah game "bisnis" dimana saya berperan sebagai Flo – seorang wanita karir yang memutuskan untuk berhenti bekerja kantoran dan mendirikan rumah makan…wahhh bundainbiz banget kan hehe.

Intinya dalam permainan ini, kita diperkenalkan pada beberapa hal dalam menjalankan bisnis yang punya target penjualan dan memuaskan pelanggan demi tercapainya target penjualan tersebut. Terus terang, setelah tahu "slah"nya permainan ini menjadi 'cukup mudah".. Tapiii…waktu awal-awal..hmmfh.. lumayan bikin saya frustasi karena saya termasuk orang yang tidak sabaran ;-((

Tidak disangka-sangka..seorang teman, Jeng Febby Rudiana (yang pernah di wwc-i oleh Bundainbiz) ternyata juga sedang membicarakan hal yang sama di Komunitas bisnis yang kami ikuti bersama.

Yang Febby komentari dari permainan Diner Dash ini sangat saya setujui: "Yang saya lihat sih, keunggulan si Flo ini, dia selalu berusaha memberikan penampilan yg baru pada restorannya,
Sehingga selalu menarik pengunjung. Trus, ada tambahan service juga seperti free cappucino misalnya (untuk mengganti pelayanan yang kurang memuaskan kepada pelanggan) selain juga kecepatan pelayanan.

Penasaran?
Untuk anda yang sedang membangun bisnis coba deh anda cari permainan ini dan mainkan ;-)

Anda akan berhadapan dengan kondisi-kondisi menarik yang bisa ditarik pembelajarannya dari setiap situasi tersebut (duuh bahasanya hehe)…

Seperti:
*Membagi waktu antara memuaskan keinginan pelanggan yang satu
dengan pelanggan berikutnya – yang semuanya penting atau at least, merasa penting ;-)
*Memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan hal diatas.
*Memberikan tambahan pelayanan untuk memuaskan pelanggan.
*Berfikir dua langkah kedepan agar anda bisa mengatur strategi selanjutnya.

Dan kesimpulan saya sendiri adalah:
*Pelanggan adalah raja (oke, saya yakin anda semua sudah tahu akan hal ini ;-)
daaaaan…
*Tidak semua pelanggan menyenangkan hehe…



8:00? 8:25? 8:40? Find a flick in no time
with theYahoo! Search movie showtime shortcut.

No comments: