Thursday, March 15, 2007

Memilih Bisnis Online

Choosing an online business..
Hari gini nih, hampir semua calon konsumen menanyakan, "Ada websitenya nggak?" apabila ditawari sebuah produk, jasa atau pilihan berbisnis.

Ini adalah sebuah kelebihan yang harus dengan jeli ditangkap oleh para ibu yang kerja dari rumah atau memilih untuk tidak bekerja kantoran (namun ingin tetap mendapatkan income tambahan).

Menjalankan internet business atau online marketing, rasanya hal ini sudah jadi hal yang "biasa"…dan sebetulnya apa saja bisa loh dijadikan sebuah bisnis – untuk dijalankan secara online,.baik penjualan produk maupun jasa.

Ibu-ibu yang ingin lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain bareng anak, bisa menjual atau menawarkan apa saja dan menjalankannya secara online dengan mendirikan toko virtual.

Lebih hemat waktu, relatif lebih kecil modalnya, lebih bebas dalam menentukan target, dan pastinya, bebas dalam menentukan jam kerja.

Memilih sebuah bisnis internet sebetulnya hal yang mudah dan banyak pula pilihannya. Namun untuk pemula, sebaiknya memilih satu terlebih dulu dan betul-betul serius dalam menjalankannya.

Namun, bagaimana ya memulainya?
Apa yang dijual?
Biasanya ini nih pertanyaan-pertanyaan yang sering mucul.

Satu hal yang pasti, mulai dengan hal yang paling mudah.

Misalnya, menjual produk atau jasa yang memang menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari.. contoh:

Jagon masak? Bisnis makanan rasanya jadi salah satu pilihan bisnis yang konsumennya tidak pernah habis. Apalagi jika produk makanan yang dijual punya nilai plus. Antara lain, mempunyai sertifikasi halal MUI (hal yang masih sangat jarang ditemukan di Indonesia untuk produk rumahan). Atau, bisa menerima dan membuat hiasan apaaa..saja yang sedang trend saat ini dan masih banyak lagi.

Bisa juga "menjual" jasa seperti penulis, translator, biro jodoh mungkin? Kenapa tidak? Sesuatu yang unik adalah hal lain yang harus ditawarkan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Pilihan yang kedua -- apabila merasa belum mempunyai keahlian apa-apa -- adalah menjual produk orang lain.

Banyak orang yang punya keahlian menghasilkan sesuatu (misalnya penjahit kostum) tapi kemampuan promosi atau marketingnya kurang. Disitulah kita berperan. Karena itu harus lebih jeli membuka mata untuk melihat peluang semacam ini.

Bisa juga dengan rajin mendatangi aneka pusat grosir yang biasanya harganya sangat-sangat murah, untuk kita repackage dalam kemasan yang lebih cantik…and voila….you've got yourself a product! Contoh: aneka parcel, aneka suvenir ulang tahun anak-anak, hiasan jilbab, dan masih banyak lagi.

Pilihan yang ketiga
adalah bergabung dengan program-program afiliasi.

Hampir sama dengan pilihan yang kedua, yang terjadi disini adalah, kita menawarkan produk orang lain dengan menjadi anggota suatu program afiliasi. Pembayaran diterima apabila berhasil mengajak seseorang untuk masuk ke sebuah situs perusahaan atau mengikuti program yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Biasanya pembeli harus mengklik linknya program dan melakukan pembelian secepatnya. Beberapa afiliasi akan melacak pengunjung dari link yang kita miliki dan membayar komisi dalam jangka waktu tertentu dari waktu kunjungan.

Pilihan keempat adalah bergabung dengan perusahan penjualan langsung atau MLM.

Banyak sekali perusahaan MLM yang menawakan aneka barang kebutuhan sehari-hari, seperti kosmetik, alat rumah tangga, asuransi, sampai aromaterapi dan kesehatan.

Keuntungannya adalah sistem duplikasi yang bisa langsung diterapkan pada cara-cara penjualan dan promosi kita sendiri. Sementara triknya adalah memilih bisnis MLM yang tepat. Hal ini akan dibahas pada judul terpisah ya.

Apabila telah memilih dan memutuskan produk atau jasa apa yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah membuat si toko virtual -- website (atau weblog). Hal ini sudah pernah dibahas pada artikel Pentingnya sebuah Website. Till next time!

Oleh:
Nadia Yuniardo
copied by : Anis Rida in www.Belibiz.com


Finding fabulous fares is fun.
Let Yahoo! FareChase search your favorite travel sites to find flight and hotel bargains.

No comments: