Thursday, March 15, 2007

Memilih Nama Domain

Akhir-akhir ini saya sedang pwanaasss hehe

Kan gini, mungkin banyak teman-teman sudah tau bahwa saya "penggemar" bisnis online ;-)
Kebetulan semua bisnis offline yang saya jalankan, bisa dibikin online...namun untuk yang benar-benar internet marketing sendiri seperti niche website, google adsnese, affiliate marketing, belum betul-betul saya jalankan...

Tapi akhir-akhir ini, di Bundainbiz maupun di banyakan komunitas marketing lain yang saya ikuti, sedang asyik-asyiknya berlomba-lomba tentang meraih penghasilan lewat internet marketing. Makanya...sayanya jadi panas lagi nih hehe ingin benar-benar kembali menekuni internet marketing...doain yaa..target saya insyaAllah Januari 2007 sudah bisa menghasilkan lagi cring cring dollar dari adsense ;-)
Amiiinnn....

Beberapa waktu yang lalu di Milis BIB pun saya sempat berkomentar tentang pemilihan nama domain. Menurut saya sendiri ada beberapa hal dalam memilih nama domain…

Kalau yang benar-benar bergerak di dunia internet marketing, pemilihan nama domain akan sangat berpengaruh. Karena pemiliknya harus berusaha agar webnya tampil dalam at least dua
halaman pertama search engine (terindex).

Nama domain yang ia pilih sebaiknya berkaitan dengan keyword yang ia jadikan target.

Maksudnya gini..
Karena para bunda dan bisnis adalah target utama saya saat membuat www.bundainbiz.com, maka nama tersebut termasuk dalam nama yang saya pilih.

Karena target utama web tema saya (http://nanaberas.com> adalah produk berasnya..sangat wajar bila kata beras masuk sbg bagian nama domainnya. Tapi ingat, nama domain saja nggak cukup.
Banyak hal hal lain yg harus diperhatikan dalam web nya seperti pemilihan meta keyword.
Kalo tentang ini belajarnya disini aja yaa, hehe

Truss…ada juga yang web nya hanyalah tool promosi dari bisnis offlinenya,

Kalo saya boleh contohin, web nya Mods Mia… Itu kata yang "susah" kalo menurut saya,
Tapi menjadi tidak masalah..krn dia bagian dari merk yang sangat catchy dan sudah melekat.
yang perlu mb Mia lakukan "hanyalah" menaruhnya dalam signature taglinesnya. Atau menggunakan sebagai bagian dr alamat emailnya (among other stuffs maksute ;-)

Kemudahan grup-grup milis juga fasilitas email sekarang memudahkan kita untuk tinggal meng'klik' sebuah link atau url nama domain. Dan kita akan langsung dibawa pada web yang dimaksud.

Dan, karena sebuah website biasanya merupakan tool promosi untuk orang-orang yang online..
Kita tidak perlu takut orang atau prospek kita "salah pendengaran"…

Karena biasanya informasi nama web tersebut pun kita infokan melalui sebuah tulisan yang tinggal mereka klik langsung (alias tdk perlu mengetik ulang). Kecuali kalo dari kita nya sendiri yang salah ketik hehehe…

Jadi inget…setaun yg lalu, saat baruuu bikin BIB..kalo saya cerita ke temen yang offline, Pasti nanya,"apaa? Bunda in biz? In biz? B – I – z ??' hehe
Tapi ternyata dikalangan teman-teman yg online..sama sekali gak ada pertanyaan hehe.

Dan a year later Alhamdulillah banyak banget web baru yang saya lihat menggunakan kata biz sebagai akhiran nama domain. (maap narcis dikit hehehe)

Berarti hal ini hanya masalah familiar atau tidak, Dan hal itu bisa kita atasi dengan aneka trik internet marketing lainnya ;-))

Disatu sisi, orang indonesia itu seneng nama yang aneh2 loh. Inget astaga.com? natnit.net? kaskus.com yang kondaang banget. Itu salah satu alasan aku memilih nama www.satusatu.com sebagai nama merk jasa pembuatan blog dan banner ku. Filosofi dibalik "satusatu" itu mungkin orang gak banyak yg tau hehe..dan gak penting jg benernya utk tau hihi. tapi buat aku sendiri nama itu bermakna banget krn dipilihin suami…
*wink wink*

eh satu lagi..(gile panjang banget hihi)…
Saya inget..Jeng Dini Shanti(salah satu suhu didunia internet marketing) pernah ngajarin juga soal kita mengambil benefit dari miss spell atau salah ketik, baik sengaja maupun tidak sengaja ;-)

Karena kebiasaan orang beda-beda loh dalam mengetikkan sebuah kata seperti aromaterapi misalnya. Ada yg nyambung ada yg dipisah.

Fiuuhh …seru yaa ngomongin domain aja ;-)
Paling bagus sih memang.., nama domain itu mengandung kata kunci web kita, trus, seperti gampang dieja, gampang diucapkan, meminimalkan salah pendengaran ;-)..tapi kalo nggak pun..masih banyak jalan menuju Roma kok, dan Alhamdulillah banyak jalan lewat internet
marketing ;-))

;-)
Nadia M. Yuniardo


8:00? 8:25? 8:40? Find a flick in no time
with theYahoo! Search movie showtime shortcut.

No comments: